A. Tujuan Umum
- Terwujudnya keberhasilan pembinaan murid dalam rangka membentuk karakter murid yang berlandaskan pada 8 dimensi profil lulusan
- Terlaksananya proses pembelajaran yang berkualitas yang mendukung tercapainya prestasi akademik murid
- Terlaksanakannya kegiatan ektrakurikuler sesuai dengan bakat, minat, dan potensi murid yang mendukung peningakatan prestasi nonakademik
- Tersedianya fasilitas dan sumber daya yang relevan yang mendukung inovasi dan transformasi pembelajaran
- Terwujudnya lulusan yang berwawasan global dan keterampilan abad 21 melalui pemanfaatan TIK
- Terciptanya lingkungan belajar yang kondusif dan bebas dari perundungan
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang hijau, bersih dan sehat melalui pembiasaan hidup sehat, pengelolaan dan pelestarian lingkungan
- Tujuan (memenuhi SMART)
1. Tujuan Strategis 2023/2024 – 2026/2027
Sebagai konsekuensi logis dari pencanangan visi dan misi di atas, maka dalam kurun waktu 2023/ 2024 sampai dengan 2026/ 2027 sumber daya yang ada dan/atau dapat diadakan SMP Negeri 1 Belik diarahkan untuk mencapai tujuan strategis (jangka menengah) sebagai berikut :
- Tercapainya prestasi akademik murid dengan indikasi:
- Kelulusan mencapai 100%;
- Peringkat sekolah berdasarkan nilai asesmen nasoinal menduduki peringkat atas (1-20%) di tingkat Kabupaten dan peringkat menengah atas (21-40%) di tingkat Nasional;
Hasil asesmen nasional menunjukkan capaian yang baik/tinggi dan menduduki peringkat atas (1-20%) tingkat kab.kota dan nasional untuk semua indikator (kemampuan literasi, kemampuan numerasi, kondisi keamanan sekolah, iklim kebhinekaan sekolah, kualitas pembelajaran)
- 100% mampu mencapai standar Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) untuk masing-masing mata pelajaran tanpa melalui pembelajaran remedial yang harus ditempuh di semester/kelas berikutnya;
- Mampu meraih prestasi sebagai juara di tingkat kabupaten pada even- even lomba mata pelajaran, maupun lomba bidang kemuridan baik akademik maupun non akademik.
- Terwujudnya aktivitas pengembangan bakat, minat dan potensi kreatif murid sehingga mampu berprestasi:
- Di bidang ilmu pengetahuan, agama, dan bahasa diharapkan terdapat murid yang mampu menjadi juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN), Lomba Cerdas Cermat (LCC), MAPSI, FTBI, atau sejenisnya di tingkat kabupaten/ provinsi/ nasional;
- Di bidang teknologi, diharapkan terdapat murid yang mampu menjadi juara dalam Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) atau Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) di tingkat kabupaten/ provinsi/ nasional;
- Di bidang olahraga, diharapkan terdapat murid mampu menjuarai beberapa cabang olahraga di tingkat kabupaten/ provinsi/ nasional;
- Di bidang seni, memiliki:
- Tim Musik/Rebana yang mampu menduduki tiga besar tingkat kabupaten;
- Kesenian angklung dan unit musik band yang layak tampil di muka publik dan mampu berkompetisi;
- Menjuarai lomba FLS3N Tingkat
- Kesenian karawitan mampu menduduki tiga besar tingkat kabupaten.
- Di bidang keterampilan, murid yang lulus:
- Menguasai applikasi dalam kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) melalui moda daring
- Menguasai keterampilan komputer sekurang-kurangnya program windows (MS-Word, MS-Excel dan Power point) serta mampu mengakses informasi melalui internet;
- 40% murid yang lulus menguasai salah satu keterampilan yang dikembangkan sekolah melalui program ekstrakurikuler maupun melalui pembelajaran muatan lokal;
- Di bidang kepramukaan, murid yang aktif beruturut-turut tanpa putus:
- Selama satu tahun (kelas VII) mampu menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) Penggalang Rakit dan memperoleh lima macam tanda kecakapan khusus (TKK);
- Selamadua tahun (kelas VIII) mampu menyelesaikan SKU Penggalang Terap dan memperoleh sepuluh macam TKK;
- Selama tiga tahun (kelas IX) mampu menyelesaikan syarat pramuka garuda golongan penggalang
- Di Bidang Lingkungan Hidup:
- Murid memiliki karakter cinta lingkungan seperti menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, pemanfaatan limbah/sampah, pelestarian, dan pengelolaan lingkungan.
- Bidang Agama
- Murid memiliki sikap religius, berakhlak mulia, jujur, disiplin, serta mampu menjadi teladan di lingkungan sekolah maupun masyarakat
- Murid memiliki kesadaran untuk melaksanakan ibadah tanpa paksaan dan menjauhi perbuatan tercela
- Terlaksananya keberhasilan pembinaan kepribadian murid dalam rangka membentuk karakter murid menjadi insan beriman dan bertaqwa serta berbudi pekerti luhur, konsisten dalam pelaksanaan ibadah dan memiliki kesantunan dalam perilaku sehari-hari (berakhlaqul karimah), didukung berkembangnya budaya sapa-salam dan senyum, sehingga berdampak tiadanya masalah pelanggaran tata krama dan tata tertib sekolah;
- Terwujudnya kultur sekolah yang mendukung efektifitas pelaksanaan pendidikan di sekolah yang ditunjukkan dengan:
- Penerapan prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) telah menjadi budaya (inheren) dalam pengelolaan sekolah dengan mengedepankan azas profesionalisme, partisipasi, transparansi, fleksibilitas dan akuntabilitas;
- Memiliki Rencana Pengembangan Sekolah/RPS (RKS dan RKAS/RAPBS) yang difungsikan sebagai dokumen dinamis yang penyusunan dan pelaksanaannya memenuhi azas demokratis- partisipasif dan transparan-akuntabel dalam rangka menciptakan managemen sekolah yang baik;
- Pengembanganlingkungan fisik sekolah, sarana-prasarana dan fasilitas telah sesuai dengan tuntutan sekolah sebagai komunitas belajar (learning community) dan sesuai dengan arah pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (Permendibudristek Nomor 4 Tahun 2022);
- Dukungan partisipasi masyarakat meningkat ditunjukkan dengan adanya pemberdayaan Komite Sekolah dan peran aktif masyarakat dalam pengembangan potensi murid.
2. Tujuan Operasional Tahun 2025/ 2026
Tujuan strategis yang telah dirumuskan diupayakan dapat dicapai secara bertahap dan meningkat dari tahun ke tahun. Untuk itu, pada tahun 2025/ 2026 SMP Negeri 1 Belik diharapkan mampu merealisasikan tujuan operasional (jangka pendek) sebagai berikut:
- Tercapainya prestasi akademik murid dengan indikasi:
- Kelulusan mencapai 100%;
- 80% murid mampu mencapai standar Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran untuk masing-masing mata pelajaran tanpa melalui pembelajaran remedial yang harus ditempuh di semester/kelas berikutnya;
- Mampu berprestasi pada even-even lomba mata pelajaran dan lomba murid di tingkat Kabupaten;
- Terwujudnya aktivitas pengembangan bakat, minat dan potensi kreatif murid sehingga mampu berprestasi:
- Di bidang ilmu pengetahuan, agama, dan bahasa diharapkan terdapat murid yang mampu menjadi juara pada Olimpiade Sains Nasional (OSN), Lomba Cerdas Cermat (LCC), MAPSI, FTBI, atau sejenisnya di tingkat kabupaten/ provinsi/ nasional;
- Di bidang teknologi, ada murid yang mengirimkan hasil karyanya dalam LPIR atau LKIR;
- Di bidang olahraga, memiliki unit kegiatan olahraga permainan (team) yang berlatih secara terprogram;
- Di bidang seni, memiliki:Tim musik/ Rebana dengan perangkat dan peralatan memadai dan menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten;
- Kesenian angklung dan unit musik band siap tampil;
- Menjuarai lomba FLS3N tingkat Kabupaten
- Tim karawitan dengan perangkat dan peralatan memadai dan menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten;
- Di bidang Keagamaan, murid yang lulus :
- Memiliki kesadaran untuk melaksanakan ajaran agama seperti menjalankan sholat 5 waktu
- Mampu menghafal Al Qur’an sekurang-kurangnya Juz 30
- Di bidang keterampilan, murid yang lulus :
- Menguasai keterampilan komputer sekurang-kurangnya program Ms. Office (MS-Word, Excel, Power Point) serta mampu mengakses informasi melalui internet;
- Di bidang kepramukaan, murid yang aktif beruturut-turut tanpa putus:
- Selama satu tahun (kelas VII), 80% mampu menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) Penggalang Rakit dan memperoleh tiga macam tanda kecakapan khusus (TKK);
- Selama dua tahun (kelas VIII), 80% mampu menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) Penggalang Terap dan lima macam tanda kecakapan khusus (TKK);
- Selama tiga tahun (kelas IX) ada minimal 5 murid yang mampu menyelesaikan syarat pramuka garuda golongan Penggalang.
- Di Bidang Lingkungan Hidup:
- Murid memiliki karakter cinta lingkungan seperti menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, pemanfaatan limbah/sampah, pelestarian, dan pengelolaan lingkungan sesuai dengan kearifan lokal
- Di bidang keterampilan, murid yang lulus :
- Terlaksananya keberhasilan pembinaan kepribadian murid dalam rangka membentuk karakter murid berlandaskan 8 (delapan) dimensi profil lulusan: Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kewargaan, Penalaran Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, Kemandirian, Kesehatan, dan Komunikasi, serta memiliki kesantunan dalam perilaku sehari-hari (berakhlaqul karimah), didukung berkembangnya budaya sapa-salam dansenyum, sehingga berdampak terhadap berkurangnya secara signifikan masalah pelanggaran tata krama dan tata tertib sekolah;
- Tercapainya kultur sekolah yang mendukung efektifitas pelaksanaan pendidikan di sekolah yang ditunjukkan dengan:
- Prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) telah dipahami oleh guru/pendidik dan tenaga kependidikan serta diterapkan dalam pengelolaan sekolah denganmengedepankan azas profesionalisme, partisipasi, transparansi, fleksibilitas, akuntabilitas, dan kepedulian kelestarian lingkungan hidup;
- Memiliki Rencana Kerja Sekolah/RKS dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/RKAS yang difungsikan sebagai dokumen dinamis, disusun oleh tim perencanaan sesuai dengan prosedur penyusunan yang berlaku;
- Pengembangan lingkungan fisik sekolah, sarana-prasarana dan fasilitas belajar yang memadai;
Dukungan komite sekolah, partisipasi masyarakat, dan orang tua/wali murid dalam rangka membangun kebersamaan membina murid.