Branding sekolah adalah proses menampilkan karakter dan kepribadian sekolah dalam setiap cara untuk menanamkan citra tertentu di benak masyarakat saat mereka berpikir tentang sekolah tersebut. Atau dengan istilah lain branding sekolah adalah suatu cara untuk membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya dalam hal memiliki citra visual dan pesan yang masuk atau terekam di ingatan seseorang bila mendengar nama sekolah tersebut.
Branding sekolah ini bertujuan untuk mendorong dan memotivasi seluruh warga sekolah agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Branding sekolah ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pelayanan pendidikan di SMP Negeri 1 Belik. Branding sekolah juga bertujuan mewujudkan pembentukan karakter murid berlandaskan 8 (delapan) dimensi profil lulusan: Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kewargaan, Penalaran Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, Kemandirian, Kesehatan, dan Komunikasi.
Branding sekolah dari SMP Negeri 1 Belik yaitu sebagai berikut:
“HEBAT”
Yang merupakan akronim dari Harmoni, Elok, Beriman, Adaptif dan Terampil.
Adapun Logo Branding SMP Negeri 1 Belik yaitu sebagai berikut:

Adapun Indikator Branding SMP Negeri 1 Belik yaitu sebagai berikut:
- Harmoni
Indikator harmoni dalam lingkungan sekolah mencakup beberapa aspek yang mendukung terciptanya suasana sekolah yang kondusif, aman, dan penuh kebersamaan.
- Interaksi Positif Antarwarga Sekolah
- Toleransi dalam Keberagaman
- Sikap Empati dan Gotong Royong
- Elok
Indikator elok dalam lingkungan sekolah mencerminkan kualitas estetika dan
kenyamanan fisik serta suasana yang menciptakan lingkungan sekolah yang menarik, asri, dan menyenangkan bagi seluruh warga sekolah.
- Kebersihan dan Kerapian Fasilitas Sekolah
- Estetika Ruang Belajar yang Menyenangkan
- Penggunaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
- Beriman
Indikator beriman dalam lingkungan sekolah mencakup nilai-nilai yang mendukung pembentukan karakter religius serta keimanan seluruh warga sekolah. Indikator ini mencerminkan upaya menciptakan lingkungan yang mendukung pengamalan agama secara baik dan benar, serta membentuk sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai keimanan.
- Lingkungan Sekolah yang Menjaga Norma dan Nilai Religius
- Pengintegrasian Nilai Keimanan dalam Pembelajaran
- Pendidikan Karakter yang Berlandaskan Nilai-Nilai Keagamaan
- Adaptif
Indikator adaptif dalam lingkungan sekolah mencerminkan kemampuan sekolah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan menciptakan lingkungan yang fleksibel, responsif, serta mendukung perkembangan siswa dalam menghadapi tantangan zaman.
- Kemampuan Mengadopsi Pendekatan Pembelajaran yang Beragam
- Pembiasaan Sikap Fleksibel dan Terbuka terhadap Perubahan
- Pengembangan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan secara Berkala
- Terampil
Indikator terampil dalam lingkungan sekolah menunjukkan bagaimana kemampuan teknis, sosial, dan praktis seluruh warga sekolah (khususnya siswa) dikembangkan dan diasah sehingga mereka mampu menghadapi tantangan dengan percaya diri dan kompeten.
- Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah
- Mengeksplorasi dan Mengembangkan Minat serta Bakat
- Komitmen terhadap Pembelajaran Berkelanjutan (Lifelong Learning)